LAMONGAN – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas penyelenggaraan perpustakaan sekolah yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan, TK Plus At-Taqwa Brondong mengajukan akreditasi perpustakaan sekolah Tingkat PAUD. Proses pengajuan akreditasi perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa dilakukan pada aplikasi SiPAPI (Sistem Penilaian Akreditasi Perpustakaan Indonesia) tanggal 29 Juli 2025 dengan mengunggah seluruh berkas kelengkapan instrumen akreditasi mulai dari komponen koleksi perpustakaan hingga komponen indeks Pembangunan literasi Masyarakat. Setelah pengajuan akreditasi pada aplikasi SiPAPI, tahap selanjutnya merupakan visitasi dan penilaian akreditasi perpustakaan yang dilaksanakan secara langsung oleh asesor akreditasi. Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI menugaskan asesor untuk melakukan penilaian secara langsung pada Perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong pada Rabu, 27 Agustus 2025.
Kehadiran tim asesor pada perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong disambut secara langsung oleh Ketua Yayasan At-Taqwa Brondong beserta Kepala Sekolah dan kepala perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong serta para pengelola perpustakaan yang sangat antusias menunggu penilaian akreditasi perpustakaan.
Kegiatan penilaian akreditasi perpustakaan pada perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong diawali dengan penayangan video profil perpustakaan dan dilanjutkan dengan pemaparan singkat profil perpustakaan oleh Kepala Perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong. Selanjutnya, tim asesor melakukan peninjauan kondisi perpustakaan secara langsung dengan mengunjungi setiap ruang dan area yang dimiliki perpustakaan. Kemudian, tim asesor melakukan pengecekan kesesuaian antara berkas akreditasi perpustakaan yang telah dikirim dengan kondisi secara langsung perpustakaan.
Tim asesor melakukan peninjauan dan pengecekan secara terperinci bukti fisik dari instrumen akreditasi perpustakaan yang dikirimkan mulai dari komponen koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga pengelola perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, Tingkat kegemaran membaca, dan indeks Pembangunan literasi Masyarakat hingga asesor mendapatkan nilai akreditasi sementara dari perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong.
Visitasi dan penilaian akreditasi perpustakaan Tunas Cendekia At-Taqwa TK Plus At-Taqwa Brondong berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang cukup memuaskan. Namun tetap terdapat beberapa catatan dari tim asesor seperti peningkatan kapasitas dari tenaga pengelola perpustakaan yang perlu ditingkatkan lagi serta pengembangan inovasi dan kreativitas perpustakaan agar perpustakaan semakin digemari lagi tidak hanya untuk para siswanya, tetapi juga walisiswa yang menjadi bagian dari anggota perpustakaan.